Video of the Day

"Quotes" dari Alumni

(Loading...)

Powered by Program Jalinan Kealumnian

Ingin memberikan QUOTE seperti diatas? Klik Disini. Cantumkan : nama & alumni fakultas di UMSU

01 September 2017

Waspada Lowongan Kerja Palsu



Jangan buru-buru baper (terbawa perasaan) kalau kamu mendapat panggilan kerja suatu perusahaan.  Apalagi perusahaan yang kamu rasa tidak pernah apply sama sekali. Bisa jadi, panggilan tersebut adalah palsu. Pun demikian juga jika ada lowongan kerja perusahaan tertentu, pastikan dahulu keaslian lowongan kerja tersebut. Simak tips berikut ini.
1. Menggunakan nomor telepon provider yang umum digunakan
Biasanya, nomor telepon yang digunakan untuk menghubungi/SMS kandidat adalah nomor telepon dari provider yang umum digunakan kebanyakan orang

2. Hosting gratisan
Biasanya sebuah iklan lowongan kerja mencantumkan alamat email yang dapat kamu gunakan untuk memasukkan lamaran. Tim rekrutmen perusahaan bonafide pasti memiliki hosting email sendiri yang tidak gratisan seperti Yahoo!, Gmail, live, atau sejenisnya.

3. Header dan Isi Tidak Sesuai
Bila dilihat secara cermat, kesesuaian antara header, isi, dan tanda tangan pada iklan lowongan dan panggilan kerja palsu tidak sesuai yang sebenarnya. Justru kamu akan menemukan hal-hal menggelikan. Misalnya, logo perusahaan yang masih dapat disunting, format penulisan yang tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia, serta mencantumkan nama tim rekrutmen fiktif.

4. Meminta sejumlah uang dan menunjuk agen travel tertentu
Untuk melakukan pengecekan, kamu dapat menghubungi nomor yang tertera di iklan. Ketika dihubungi dan ternyata meminta sejumlah uang untuk biaya akomodasi, dapat dipastikan iklan yang kamu baca palsu. Apalagi sampai meminta kamu untuk menghubungi agen travel tertentu. Duh!

5. Alamat fiktif
Kebanyakan iklan lowongan kerja palsu mencantumkan alamat fiktif. Untuk memastikannya, kamu dapat melakukan pengecekan secara langsung ke website ataupun telepon resmi perusahaan.

6. Mengirimkan email dengan penggantian Subjek nama
Yang perlu kamu tahu, nama yang tertera pada nama pengirim email itu dapat disunting sesuai dengan nama yang kamu mau. Artinya, jika kamu tiba-tiba mendapatkan email dengan nama tertera perusahaan tertentu, jangan keburu percaya. Cobalah kamu klik reply email tersebut dan lihat kembali alamt tersebut. Jika email itu palsu, nantinya akan tertera alamat hostingan gratis yang telah disunting sebelumnya.

7. Iklan Melalui SMS
Apabila menerima iklan lowongan melalui SMS, kamu tak perlu memercayai iklan lowongan tersebut. Perusahaan resmi tidak akan menyebarkan iklan lowongan secara langsung kepada masing-masing kandidat.

8. Posting Iklan Bukan di Web Resmi Perusahaan
Ketika mendapat iklan lowongan kerja bukan di website resmi perusahaan, kamu tidak perlu langsung percaya pada iklan tersebut. Di internet banyak sekali beredar iklan lowongan kerja di blog, forum komunitas, bahkan website niaga. Pastikan kamu membaca lowongan dari website lowongan kerja terpercaya, dan website pusat karir kampus terpercaya.

9. Jarak lokasi tes
Lumrahnya lokasi tes perusahaan yang kamu lamar tidaklah jauh dari domisilimu. Perusahaan yang letaknya jauh, akan menunjuk kantor perwakilan yang terdekat dengan domisilimu untuk melanjutkan proses seleksi. Namun kalaupun kamu harus tes di luar kota di tempat perusahaan tersebut berada, biasanya mereka akan mengkover smeua akomodasi termasuk tiket, dan diberikan kepadamu di muka.


Admin

Program Jalinan Kealumnian merupakan program yang dilaksanakan oleh CDAC UMSU untuk membantu para alumni dalam pengembangan karir.



0 comments:

Post a Comment

Social Time

FB UMSU Alumni Community
Join Us
Instagram
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us